Pemenang Piala Dunia FIFA Paling Berkesan Sepanjang Masa

Pemenang Piala Dunia FIFA Paling Berkesan Sepanjang Masa

Sepanjang sejarah Piala Dunia FIFA, ada banyak pemenang yang tak terlupakan sepanjang masa. Apa yang membedakan juara yang berkesan dari yang juga berlari adalah kemampuan mereka untuk tampil di saat yang penting.

Sisi paling terkenal memastikan bahkan penggemar yang paling berpengalaman pun masih dapat mengingat penampilan mereka beberapa dekade kemudian. Di bawah ini adalah beberapa contoh dari masa lalu yang memastikan nama mereka akan selamanya terukir dalam buku sejarah.

Argentina – 1978

Piala Dunia 1978 adalah yang pertama diadakan di Amerika Selatan dan pertama kali Argentina memenangkan turnamen tersebut.

Argentina mengalahkan Belanda 3-1 di pertandingan terakhir. Mereka dipimpin oleh Diego Maradona, yang menjadi salah satu pemain sepakbola terhebat.

Maradona mencetak dua gol di laga ini, termasuk satu-satunya gol di perpanjangan waktu. Belanda tidak terkalahkan selama tiga tahun sebelum pertandingan ini.

Namun, mereka tidak dapat mengalahkan kekuatan dan tekad Argentina dalam pertempuran epik antara dua negara sepak bola terbesar ini.

Prancis – 2018

Prancis adalah pemenang Piala Dunia FIFA terbaru, setelah memenangkan turnamen pada tahun 2018. Kemenangan pertama negara itu terjadi pada tahun 1998, dan mereka merebut trofi lagi pada tahun 2018.

Kapten tim, Hugo Lloris, disebut sebagai “kehadiran seperti batu” di lapangan. Penampilannya dalam kemenangan 2-0 Prancis atas Kroasia di final membantu mereka membawa pulang trofi kedua mereka sejak 1998.

Prancis sebelumnya kalah dua kali di final Piala Dunia—tahun 2006 dan 2010—namun kembali menang dengan meyakinkan tahun ini.

Italia -1982

Kemenangan Piala Dunia 1982 Italia mungkin yang paling berkesan bagi mereka. Setelah tampil buruk pada 1978 dan 1980, Italia kembali dengan sepenuh hati, memenangkan gelar Piala Dunia ketiga mereka di Madrid.

Mereka mengalahkan Jerman Barat 3-1 untuk menyamakan kedudukan dengan Brasil sebagai negara paling sukses, dengan penjaga gawang dan kapten mereka yang berusia 40 tahun Dino Zoff menjadi pemain tertua yang memenangkan Piala Dunia.

Paolo Rossi memenangkan Sepatu Emas sebagai pencetak gol terbanyak turnamen dan Bola Emas sebagai pemain terbaik turnamen.

Spanyol – 2010

Kemenangan Spanyol adalah salah satu yang paling mengesankan di Piala Dunia yang memperlihatkan beberapa penampilan yang benar-benar mengesankan. Tim maju melalui turnamen tanpa kehilangan satu pertandingan pun, dan mereka melakukannya dengan cara yang menakjubkan.

Pemain bintang tim, Andres Iniesta, mencetak gol kemenangan dalam perpanjangan waktu melawan Belanda di pertandingan final turnamen.

Itu adalah momen yang luar biasa baginya dan Spanyol — dan salah satu pemenang Piala Dunia yang paling berkesan sepanjang masa.

Prancis – 1998

Ini adalah kemenangan Piala Dunia pertama Prancis, dan mereka melakukannya dengan gaya. Tim Aime Jacquet tidak terkalahkan sepanjang turnamen, tetapi mereka membutuhkan perpanjangan waktu di babak 16 besar dan adu penalti di perempat final. Zinedine Zidane mencetak dua gol di babak pertama melawan Paraguay sebelum Emmanuel Petit melengkapi skor akhir.

Author: Jack Price