Pemain Termuda yang Mencetak Gol di Piala Dunia FIFA

Pemain Termuda yang Mencetak Gol di Piala Dunia FIFA

Piala Dunia FIFA menyatukan beberapa pemain sepak bola terbaik di dalam atau di sekitar fisik prima mereka. Mereka datang dari berbagai latar belakang, dari berbagai liga, negara, dan budaya. Kisah-kisah mereka menginspirasi karena kerja keras yang membawa mereka ke titik ini. Hari ini kita melihat pemain termuda yang mencetak gol di Piala Dunia FIFA.

Pele – 17 Tahun, 239 Hari

Pemain termuda yang mencetak gol di final Piala Dunia FIFA putra adalah striker Brasil Pelé. Dia mencetak enam gol dalam perjalanannya menuju kejayaan pada tahun 1958 ketika dia baru berusia 17 tahun dan 239 hari.

Pelé adalah satu-satunya pemain berusia di bawah 18 tahun yang mencetak gol dalam sebuah pertandingan dalam sejarah turnamen. Golnya melawan Wales di perempat final datang ketika ia baru berusia 17 tahun dan 239 hari, menjadikannya salah satu dari hanya enam gol yang dicetak oleh seorang pemain sebelum berusia 18 tahun dalam sejarah Piala Dunia.

Manuel Rosas – 18 Tahun, 93 Hari

Manuel Rosas adalah pemain termuda kedua yang mencetak gol di Piala Dunia FIFA. Dia berusia 18 tahun dan 93 hari ketika dia mencetak gol untuk Meksiko melawan Bulgaria pada tahun 1994. Gol itu mengesankan: Rosas menggiring bola melewati pertahanan Bulgaria, kemudian memasukkan bola ke gawang dengan kaki kirinya.

Rosas juga memegang rekor sebagai pemain termuda yang mencetak gol untuk negaranya dalam pertandingan internasional. Dia melakukan debutnya untuk Meksiko pada usia 16, satu bulan dan 12 hari-lima bulan penuh sebelum mencetak gol pertama di Piala Dunia.

Michael Owen – 18 Tahun, 190 Hari)

Michael Owen adalah legenda di dunia sepak bola. Dia mencetak gol 30 detik dalam debutnya di Inggris dan menjadi salah satu pencetak gol paling produktif di Liga Premier. Tapi Owen tidak hanya dikenal karena keahliannya di lapangan—dia juga dikenal sebagai salah satu pemain termuda yang pernah mencetak gol di Piala Dunia FIFA.

Owen melakukan debutnya untuk Inggris pada usia 18 dan 190 hari dan mencetak gol melawan Argentina pada tahun 1998. Dia baru berusia 31 tahun, jadi dia memiliki banyak waktu untuk terus memecahkan rekor dan membuat gelombang dalam permainan.

Nicolae Kovacs – 18 Tahun, 197 Hari)

Pemain termuda keempat yang mencetak gol di Piala Dunia FIFA adalah pemain depan Rumania Nicolae Kovács, berusia 18 tahun dan 197 hari, ketika ia mencetak satu-satunya golnya di turnamen tahun 1930.

Rumania mengalahkan Peru 3-1 dalam pertandingan pembukaan turnamen mereka, dengan Kovács mencetak gol di babak kedua. Dia akan bermain untuk Rumania selama bertahun-tahun lagi, termasuk di Piala Dunia 1934, di mana dia mencetak dua gol dalam tiga pertandingan.

Dmitry Sychev – 18 Tahun, 231 Hari)

Pada tahun 2002, Dmitry Sychev menjadi pemain termuda kelima yang pernah mencetak gol di Piala Dunia FIFA.

Dia baru berusia 18 tahun 231 hari ketika dia mencetak gol melewati Geert De Vlieger di gawang Belgia dan sebelumnya masuk sebagai pemain pengganti di babak pertama.

Gol menit ke-88 Sychev untuk Rusia dalam kekalahan 3-2 melawan Belgia di Piala Dunia 2002 adalah yang terakhir yang dicetak Rusia di final di Jepang dan Korea Selatan – mereka tersingkir di babak penyisihan grup.

Author: Jack Price