Mengenal Noppert: Penyelamat Belanda di Antara Tongkat Melawan Senegal

Mengenal Noppert: Penyelamat Belanda di Antara Tongkat Melawan Senegal

Belanda memiliki pahlawan baru; namanya Jeroen Noppert. Dalam pertandingan pertama Belanda di kampanye Piala Dunia 2022 melawan Senegal, penjaga gawang tersebut melakukan tiga penyelamatan penting dalam pertandingan tersebut untuk mengamankan kemenangan pertama Belanda di turnamen tersebut. Dia meraih berita utama, dan sepatutnya begitu.

Pertunjukan Pahlawan Noppert

Belanda menang atas Senegal, berkat dua gol terakhir dari Cody Gakpo dan Davy Klaassen, untuk membuka kampanyenya di Piala Dunia FIFA dengan catatan kemenangan. Tapi Belanda harus berterima kasih kepada kiper Andries Noppert untuk itu.

Noppert, melakukan debut internasionalnya di Piala Dunia pada usia 28 tahun, melakukan tiga penyelamatan krusial dan mencatatkan clean sheet untuk menggagalkan upaya Senegal, yang mendominasi penguasaan bola di sebagian besar pertandingan.

Penyelamatan besar pertamanya datang dengan lebih dari setengah jam tersisa dalam waktu regulasi ketika dia memblokir tembakan Ismail Sarr dari jarak dekat setelah kesalahan antara Virgil van Dijk dan De Ligt. Dia kemudian menyangkal Idrissa Gueye dan Boulaye Dia dua kali dengan cepat untuk memastikan timnya mempertahankan tiga poin.

Siapa Noppert?

Wieger Noppert berada di antara tongkat untuk Belanda di Qatar 2022. Dia adalah penjaga gawang yang tinggi, dengan tinggi 2,03m. Karier Noppert merupakan kisah ketekunan dan kerja keras yang luar biasa.

Dia mulai bermain sebagai pemuda untuk tim lokal Eredivisie Heerenveen. Namun, dia tidak tampil untuk mereka sebelum bergabung dengan NAC Breda pada 2014 dan kemudian mengikutinya dengan pindah ke klub Serie B Foggia pada 2018.

Namun penampilan debutnya bersama Belanda melawan Senegal di Stadion Al Thumama membuat perbedaan besar dalam kariernya. Kiper melakukan beberapa penyelamatan luar biasa dan menjaga timnya tetap dalam persaingan, membantu mereka mendapatkan poin turnamen pertama mereka.

Itu adalah jalan yang panjang bagi Jeroen Noppert, tetapi perjalanan itu akhirnya membuahkan hasil. Setelah sukses berkarier di Eredivisie, dia mendapati dirinya tanpa klub dan terpaksa pensiun dari sepak bola pada usia 31 tahun. Istrinya bersikeras agar dia bergabung dengan kepolisian, tetapi Noppert menolak untuk melepaskan mimpinya.

Dia akhirnya menemukan jalan kembali ke permainan dengan Go Ahead Eagles, yang baru saja mendapatkan promosi ke Eredivisie.

Tim mengontraknya sebagai penjaga gawang mereka, dan Noppert memanfaatkan kesempatan itu sepenuhnya: Dia menyelamatkan mereka dari degradasi dan segera menjadi salah satu penjaga gawang terbaik di divisi utama Belanda.

Musim bintang Noppert menarik perhatian Heerenveen, yang membawanya pulang lagi setelah absen selama empat tahun — kali ini sebagai penjaga gawang awal mereka.

Panggilan Noppert ke Piala Dunia 2022

Saat Louis van Gaal memanggilnya untuk bergabung dengan kamp nasional sebagai cadangan kiper berpengalaman Remko Pasveer, Noppert tidak menyangka akan bermain untuk Belanda di pertandingan pembuka melawan Senegal.

Itu adalah panggilan yang mengejutkan, tetapi dia telah memanfaatkannya sebaik mungkin. Dia sangat mengesankan sehingga dia akan segera menjadi penjaga gawang pilihan pertama van Gaal di Piala Dunia.

Noppert tidak memainkan satu pertandingan pun di kualifikasi Piala Dunia Qatar Belanda dan hanya tampil 52 kali di klub sepak bola sebelum pertandingan melawan Senegal di Doha. Meski begitu, dia tidak membiarkan hal itu mempengaruhi penampilannya.

Author: Jack Price